Loading...

Negotiation Skill and Commersial Agreement For Sales

07 - 09 Februari 2018, Neo Malioboro Hotel, Yogyakarta

OVERVIEW

Negosiasi merupakan suatu kegiatan yang unik, karena di dalamnya ada unsur sains dan seni bagaimana meyakinkan lawan bicara. Dalam dunia bisnis, fungsi dan peran negosiasi sangat penting dalam mencapai kesepakatan-kesepakatan bisnis. Pada proses ini tentu dibutuhkan orang-orang yang memahami teknik-teknik negosiasi, yang diharapkan akan mampu memanfaatkan situasi tersebut dan berpeluang mencapai kemenangan dalam proses negosiasinya.

Pelatihan negosiasi adalah hal esensial yang perlu diberikan kepada karyawan di setiap level dalam perusahaan, terutama untuk sales, penjual atau orang pemasaran. Tanpa memiliki kemampuan negosiasi yang baik, sales maupun orang pemasaran tidak akan tembus target yang telah ditentukan, dan dapat berakibat merugikan perusahaan. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai langkah-langkah yang tepat dalam negosiaasi penjual dan orang pemasaran perusahaan serta mengoptimalkan kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

BENEFIT

  • Memahami tata cara negosiasi yang baik dan efektif
  • Dapat bernegosiasi dengan beragam tipe partner negosiasi (dengan psikologi dan gaya kepribadian yang berbeda)
  • Belajar teknik tawar dan strategi menciptakan pilihan agar semua pihak saling diuntungkan
  • Peserta dapat memahami bagaimana pembuatan dokumen kontrak setelah negosiasi
  • Peserta dapat mengaplikasikannya dalam dunia kerja dan dapat menjadi seorang negosiator yang hebat

 

MATERI

1. Pengantar Negosiasi Untuk Sales

  • Mengidentifikasi tingkat kesuksesan dan ketikdaksuksesan dalam negosiasi
  • Pengertian negosiasi, prinsip dasar dan faktor penentu keberhasilan negosiasi
  • Mengidentifikasi situasi dalam bernegosiasi
  • Contoh-contoh negosiasi baik diluar pekerjaan maupun didalam pekerjaan

2. The Psychological Aspect In Any Negotiation

  • Perlunya mengetahui tipe kepribadian/aspek psikologi klien
  • Contoh tipe-tipe kepribadian klien ditinjau dari aspek psikologi
  • Praktek mengidentifikasi tipe kepribadian teman dan diri sendiri
  • Kebiasaan sebagai kelebihan atau kekurangan dalam personality seorang klien
  • Bagaimana cara yang efektif mengidentifikasi kepribadian klien dan praktek bernegosiasi dengan memperhatikan setiap personality klien

3. Negotiation For Better Result

  • Bagaimana memilih strategi negosiasi yang berorientasi pada hasil dan hubungan kerja yang baik
  • Positional bargaining (posisi tawar)
  • Perbedaan antara ” Soft” and ” Hard” negotiating dan prinsip-prinsip negosiasi
  • 4 Langkah dalam proses negosiasi

4. Persiapan Negosiasi

  • Mengidentifikasi rasa takut dan bagaimana strategi mengendalikannya
  • Mengidentifikasi area/tempat bernegosiasi dan merencanakan strategi/posisi yang tepat untuk menghadapi klien
  • BATNA (Best Alternative To a Negotiation Agreement)
  • WATNA (Worst Alternative To a Negotiation Agreement)
  • WAP (Walk Away Point) and ZOPA (Zone Of Possible Agreement)
  • Praktek : Bagaimana mempersiapkan diri bedasarkan identifikasi situsiasi negosiasi yang akan dilaksanakan

5. Opening Negosiasi

  • Bagaimana membuat kesan pertama yang positif
  • Pentingnya obrolan ringan dan umum (menemukan kesamaan) saat bernegosiasi
  • Bagaimana membuat “basic rules” yang menarik dan berpengaruh dalam negosiasi
  • Mengidentifikasi “basic rules” negosiasi yang penting

6. Pertukaran Informasi dan Tawar Menawar

  • Bagaimana memulai percakapan agar terjadi pertukaran informasi
  • Mengidentifikasi dan merencanakan cara menghadapi kondisi/kemungkinan-kemungkinan kondisi yang tidak menguntungkan
  • Teknik Tawar menawar
  • Strategi bagaimana menciptakan pilihan untuk mendapatkan keuntungan bersama

7. Handle Opposition

  • Strategi menggiring lawan dari kata “Tidak” ke “Setuju”
  • Bagaimana strategi untuk menghadapi emosi yang negatif

8. Close The Negotiation

  • Bagaimana cara closing setelah proses tawar menawar
  • Proses closing

9. Reaching Agreement (Bagaimana Membuat “Dealing” Kesepakatan Akhir)

10. Teknik Penulisan dan Penyusunan Kontrak

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participants (Yogyakarta)

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Negotiation Skill and Commersial Agreement For Sales
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

Newsletter

Get our products/news earlier than others, let’s get in touch.