10 - Close
Loading...

(5R) Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin

16 - 18 Januari 2018, Serela Cihampelas Hotel, Bandung

DESKRIPSI

Program 5S/5R yang merupakan kepanjangan dari Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi), Seiso (Resik), Seiketsu (Rawat) dan Shitsuke (Rajin) merupakan salah satu program penting untuk mewujudkan perusahaan kelas dunia (World Class manufacturing/Services). Sistem manajemen 5R sebagai suatu teknik dalam peningkatan mutu melalui good house keeping telah banyak dipraktekkan di berbagai perusahaan kelas dunia dan sebagai teknik manajemen yang efektif untuk meningkatkan kinerja mutu dan produktivitas perusahaan.

Implementasi Program 5S/5R diawali dengan promosi dan pengenalan 5S/5R melalui kegiatan pelatihan dan implementasi 3S (Seiri-Seiton-Seiso). Pada tahap awal ini diharapkan staff telah memahami dan mengimplementasikan 3S diruang lingkup kerjanya. Tahapan selanjutnya adalah merawat dan membiasakan rajin. Budaya 5S/5R melalui pembakuan sistem manajemen 5S/5R dan audit 5S/5R. Untuk membantu agar implementasi 5S/5R secara menyeluruh dapat berjalan dengan efisien dan efektif maka perlu adanya pelatihan manajemen 5S/5R serta penyusunan program kerja dan langkah implementasi 5S/5R di masing-masing lokasi.

Untuk menghasilkan produk yang unggul suatu perusahaan harus diawali dengan budaya disiplin, yaitu disiplin dalam berkerja yang terencana, konsisten, dan melibatkan seluruh level pekerja. Disiplin terhadap waktu juga menjadi ujung tombak. Pemenuhan terhadap ketapatan waktu menjadi ukuran mutu produk. Dengan budaya disiplin semacam itu banyak perusahaan di Jepang (Sony, Toyota, Yamaha, Mitsubishi, Kawasaki dan Honda) menjadi perusahaan ternama di dunia. Budaya kerja 5R (Ringkas, Rapih, Resik, Rawat, Rajin) yang telah digunakan perusahaan-perusahaan tersebut merupakan salah satu intangible yang berharga, yang akan mendatangkan keuntungan perusahaan.

 

TUJUAN

Tujuan pelatihan ini agar peserta memahami dan dapat mengimplementasikan Program 5S/5R dan peserta dapat menyusun program kerja untuk implementasi 5S/5R. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta dan Tim 5S/5R  dapat segera menyusun rencana kerja beserta implementasinya secara benar sesuai dengan standarisasi operasional  dan mendapatkan ‘Lesson Learn’ untuk kelanjutan implementasi 5S/5R secara mandiri untuk membantu mempercepat proses terwujudnya budaya kerja 5S/5R di lingkungan perusahaan.

Pelatihan ini akan membahas mengenai 5S/5R Awareness. Sehingga diharapkan peserta pelatihan mampu meningkatkan produktifitas pekerjaan, menciptakan pola kerja yang hemat dan disiplin tinggi, pemanfaat barang yang bisa digunakan untuk alat bantu kerja, menciptakan lingkungan kerja yang sehat,aman dan nyaman, mengurangi resiko kecelakaan kerja, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan yang lainnya.

 

OUTLINE

  1. Definisi Waste
  2. Identifikasi Berbagai Jenis Waste
  3. Konsep 5S/5R
  4. Elemen 5S/5R
  5. 5S/5R & Visual Control
  6. The Benefit and Payoff of 5S/5R
  7. Environmental Improvement: 5S & 3R
  8. Kaizen
  9. Value Added Analysis
  10. Lean Production
  11. Budaya Kerja 5S/5R
  12. Benchmark Perusahaan yang Sukses Mengimplementasikan 5S/5R
  13. Kaizen (Continous Improvement)
  14. Konsep 5S/5R
  15. Tahapan Implementasi 5S/5R
  16. Contoh Praktek Implementasi 5S/5R
  17. Penyusunan Struktur Organisasi 5S/5R
  18. Pembagian Area Tanggung Jawab
  19. Penyusunan Standarisasi Area
  20. Penyusunan Program Kerja dan Action Plan

 

TRAINING  METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : (5R) Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

Newsletter

Get our products/news earlier than others, let’s get in touch.